RESISTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEADAAN

Assalamualaikum wr wb. Selamat datang di blog Ahmad kurnia,semoga anda dalam keadaan sehat walafiat. semoga artikel yang saya tulis bermanfaat bagi saya dan anda yang membacanya.

RESISTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEADAAN

Rangkaian LDR 



Rangkaian LDR atau Light Dependent Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang masih bisa di bilang sebagai resistor yang besar resistasi nilai tahanannya bergantung pada intensitas cahaya yang menutupi permukaan. Rangkaian LDR biasanya di kenal dengan nama foto resistor, foto konduktor, sel foto konduktif atau komponen lain yang sering di gunakan dalam literatur suatu rangkaian.Itu sebabnya makin kuat intensitas cahaya maka makin kecil nilai tahanannya dan makin lemah intensitas cahaya maka makin besar nilai tahanannya. Komponen LDR di buat dari Cadmium Sulphide (CdS).
Pada umumnya, Rangkaian LDR di gunakan sebagai sensor cahaya. Cara kerja LDR akan padam pada saat LDR mendapat cahaya cukup terang, apabila LDR tidak mendapat cahaya makan komponen ini akan menyala.
Sejarah dari LDR foto resistor telah banyak di gunakan dalam beberapa tahun ini. Komponen yang satu ini di bentuk sejak awal abad kesembilan belas ketika konduktivitas akan selenium di temukan oleh Smith pada tahun 1873. Sejak saat itu lah di mulai pembuatan beberapa perangkat mulai berkembang. Zat lain yang terdapat pada komponen ini adalah PbS, PbSe dan PbTe yang di pelajari di tahun 1930 dan 1940. Kemudia pada tahun 1952, Rollin dan Simmons mengembangkan LDR menggunakan silikon dan germanuim.
Simbol dari rangkaian ldr adalah penggabungan resistor dan menunjukan bahwa resistor tersebut sensitif terhadap cahaya. Simbol dasar LDR memiliki persegi panjang yang di gunakan untuk menunjukan fungsi resistansinya dan kemudian memiliki dua anak panah masuk yang di gunakan untuk menunjukan sesitivitasnya terhadap cahaya. Sebagian dari LDR menggunakan lingkaran pada resistornya dan sebagian lagi tidak.
Mekanisme rangkaian LDR menggunakan komponen konduktor di antara dua pin. Dan pada saat permukaan terkena cahaya maka akan terjadi perubahan resistansi dari komponen tersebut. Mekanisme dalam ldr yaitu suatu pristiwa perubahan nilai konduktansi bahan semikonduktor pada saat energi foton di serap oleh cahaya. Bahan semikonduktor hanya di gunakan sebagai elemen resistif dan tidak ada koneksi PN-nya.



A. PTC Positive Temperatur Coefisien
adalah jenis resistor non linier yang nilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggi suhu yang mempengaruhi makin besar nilai hambatannya.

Rangkaian sederhana PTC


contoh bentuk fisik  PTC



B. NTC Negativw Temperatur Coefisien
adalah jenis resistor non linier yang nilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggi suhu yang mempengaruhi makin rendah nilai hambatannya.
Rangkain sederhana NTC.



contoh bentuk fisik NTC

 sekian terima kasih
assalamualaikum wr wb....

Post a Comment

0 Comments